Dosen-dosen THP FP UNILA

More »

Mahasiswa THP FP UNILA turun ke desa

More »

Gedung Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Unila Program Studi S1 THP dan S2 MTIP More »

 

Strategi Pencapaian

Strategi untuk mencapai sasaran bidang pendidikan, yaitu:

  1. Meningkatkan mutu calon mahasiswa melalui beragam promosi;
  2. Menjaga relevansi kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan cara menyempurnakan dan memperbarui materi pembelajaran;
  3. Meningkatkan jumlah dan mutu sarana dan prasarana pembelajaran;
  4. Meningkatkan mutu proses pembelajaran secara berkesinambungan;
  5. Menerapkan sistem penjaminan mutu pendidikan (perkuliahan, pembimbingan akademik, pembimbingan tugas akhir/skripsi) yang terencana, bertahap, sistematis, dan berkelanjutan;
  6. Meningkatkan kemampuan mengajar dosen;
    1. Meningkatkan kompetensi dosen melalui tugas belajar dan training;
    2. Melaksanakan tracer study (studi pelacakan) yang lebih konsisten dan mengikuti program yang telah dikembangkan oleh dikti (http://evaluasi.pdpt.dikti.go.id/ tracerstudy/);
    3. Memfasilitasi kegiatan ekstra-kurikuler mahasiswa dalam rangka meningkatkan soft skill lulusan agar masa tunggu berkarya menjadi lebih singkat dan jumlah penghasilan pertama lulusan meningkat; dan
    4. Membina hubungan baik dengan ikatan alumni dalam rangka memperoleh umpan balik dan mempermudah lulusan dalam berkarya (menjadi wirausaha) atau dan memperoleh pekerjaan (menjadi pegawai).

 

Strategi untuk mencapai sasaran bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yaitu:

  1. Meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis proposal hibah penelitian/pengabdian kepada masyarakat;
  2. Memberikan dana hibah penelitian/pengabdian kepada masyarakat kepada dosen muda untuk memotivasi dan memberikan pengalaman dalam melakukan penelitian/pengabdian kepada masyarakat;
  3. Sosialisasi dan memotivasi dosen untuk berpartisipasi aktif dalam hibah penelitian/pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai Dikti dan atau instansi lain baik dari dalam maupun luar negeri;
  4. Mendorong dosen untuk bekerja sama dalam pelaksanaan penelitian/pengabdian kepada masyarakat dengan dosen atau dan peneliti dari institusi lain;
  5. Mewajibkan dosen untuk melakukan minimal satu penelitian atau dan  pengabdian kepada masyarakat dalam kurun waktu satu tahun;
  6. Memotivasi dosen untuk melibatkan mahasiswa dalam penelitian/ pengabdian kepada masyarakat;
  7. Menerapkan sistem penjaminan mutu penelitian/pengabdian kepada masyarakat secara terencana, sistematis, bertahap, dan berkelanjutan;
  8. Meningkatkan sarana/prasarana penelitian/pengabdian kepada masyarakat;
  9. Menerbitkan jurnal ilmiah yang terdaftar di Dikti untuk memfasilitasi penerbitan hasil penelitian dosen dan atau mahasiswa yang belum mampu terbit pada jurnal ilmiah terakreditasi (nasional atau internasional).

 

  1. Memberikan penghargaan kepada dosen yang mampu menerbitkan hasil penelitiannya pada  jurnal internasional bereputasi (memiliki impact factor atau terdaftar dalam scopus, google scholar  dan lain-lain);
  2. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memperoleh dana hibah Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dari Dikti; dan
  3. Mendampingi dan memfasilitasi mahasiswa yang mampu memenangkan dana hibah PKM.

 

Strategi untuk mencapai sasaran di bidang kerja sama, yaitu:

  1. Menerapkan sistem penjaminan mutu kerja sama yang terencana, terarah, sistematis, dan berkelanjutan agar pihak mitra kerja sama merasa puas dan kerjasamanya dapat ditingkatkan;
  2. Meningkatkan mutu hasil  tridarma perguruan tinggi  agar institusi lain  merasa puas bekerja sama dengan PS THP;
  3. Menawarkan kerja sama yang saling menguntungkan di bidang  THP kepada institusi lain; dan
  4. Meningkatkan kemampuan dalam menulis proposal hibah kompetitif untuk institusi (Program Hibah Kompetitif Perguruan Tinggi; Program Hibah Pusat Karir dan Tracer Study/PKTS; hibah penjaminan mutu program studi; hibah revisi kurikulum berbasis kompetensi) dari Dikti atau institusi lain.
Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.