Pengolahan hasil pertanian

Nama Laboratorium : Pengolahan Hasil Pertanian (PHP)

Kepala Laboratorium : Ir. Fibra Nurainy, M.T.A.

 

 

 

Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian merupakan salah satu laboratorium yang berada di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian,Universitas Lampung. Laboratorium pengolahan Hasil Pertanian dalam menjalankan fungsinya sejalan dengan misi Unila dan misi PS THP, yaitu :

  1. menyelenggarakan pendidikan yang profesional di bidang teknologi hasil pertanian;
  2. melaksanakan penelitian dalam bidang teknologi pertanian terutama produk unggulan Propinsi Lampung;
  3. melakukan pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan di bidang teknologi hasil pertanian; dan
  4. melaksanakan kerja sama yang saling menguntungkan dengan institusi dalam dan luar negeri di bidang hasil pertanian .

 

 Selain itu laboratorium PHP sebagai laboratorium pendidikan  dalam  menjalankan fungsinya harus sejalan dengan tujuan PS THP, yaitu :

  1. Menghasilkan lulusan yang professional di bidang teknologi hasil pertanian
  2. Menghasilkan ilmu dan teknologi di bidang THP khususnya produk unggulan Propinsi Lampung
  3. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat khususnya bidang THP agar kesejahteraannya juga meningkat
  4. meghasilkan kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak lain di dalam maupun luar negeri dalam upaya meningkatkan kualitas kegiatan tridharma perguruan tinggi dan daya saing THP.

Laboratorium  PHP dipimpin oleh seorang kepala yang diangkat dan diberhentikan oleh Rektor atas usul Dekan setelah mendapatkan pertimbangan senat fakultas.  Kepala laboratonum adalah seorang dosen yang keahliannya telah memenuhi persyaratan sesuai dengan cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian tertentu yang bertanggung jawab kepada ketua jurusan kepala laboratorium diangkat untuk masa jabatan yang tidak ditentukan. Tata tertib pemilihan kepala laboratorium ditetapkan dengan peraturan Rektor. Kepala laboratorium dapat membuat peraturan tata tertib penggunaan laboratorium.

Laboratorium adalah unsur pelaksana teknis penunjang pelaksanaan tugas pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam satu cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sesuai dengan keperluan dalam bidang ilmu/teknologi/kesenian tertentu. Laboratorium mempunyai fungsi mempersiapkan sarana penunjang untuk melaksanakan pendidikan.penelitian, dan pengabdian kepada pengetahuan masyarakat dalam satu atau sebagian cabang ilmu teknologi dan sesuai dengan keperluan bidang seni ilmu/teknologi/kesenian tertentu untuk melaksanakan tugas dan fungsinya, laboratorium memiliki kelompok teknisi/laboran yang terdiri dari 3 (tiga) orang Pranata Laboratorium dan 2 orang petugas kebersihan.

 

Laboratorium PHP THP Unila memiliki sarana dan pra sarana yang terdiri dari perlengkapan pengolahan hasil pertanian beserta rangkaian peralatan pengujiannya.

Lab olah1

Laboratorium ini memberikan kesempatan kepada  mahasiswa untuk belajar  mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh secara teoritis, terutama dalam bidang keahlian dengan menerapkan  sifat-sifat fisik bahan pertanian, proses pengolahan dan pengembangan produk, serta menguasai keterampilan dan penerapan mengenai sifat kimia dan biokimia (perubahan selama proses pengolahan).

A2011-09-29-11.14.04-1024x482e

 

Peralatan yang dimiliki Laboratorium PHP THP Unila:

pengolahan roti, cake, dan mie, can double seamer, pengolahan air sistem Reverse-osmosis (RO), cabinet dryer, oven,  freeze dryer, ice cream maker, hydraulic press, mesin pemarut, mesin penepung, mixer, vacuum fryer, cup sealer, penetrometer, dan  juice extractor.

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.