Dosen-dosen THP FP UNILA

More »

Mahasiswa THP FP UNILA turun ke desa

More »

Gedung Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Unila Program Studi S1 THP dan S2 MTIP More »

 

Seminar Nasional “Peran Ahli Teknologi Pangan Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional”

Sumber: www.fp.unila.ac.id

Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) yang tergabung dalam Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) di jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP FP Unila), pada hari Selasa tanggal 10 Oktober 2017, menggelar acara Seminar Nasional dengan tema “Peran Ahli Teknologi Pangan Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional”, bertempat di hotel gedung serba guna Novotel Bandar Lampung.

Seminar Nasional dan Rapat Tahunan ini, merupakan rangkaian acara pada peringatan Hari Ulang Tahun Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) ke-50 tahun, yang dalam kesempatannya di tahun 2017, Provinsi Lampung diamanahkan sebagai tuan rumah penyelenggara pada rapat tahunan Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia.

Ketua PATPI cabang Lampung, Dr. Samsu U. Nurdin (THP FP Unila) menyampaikan, “tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan peran ahli teknologi pangan dalam rangka mencapai ketahanan pangan nasional, menjadi tempat untuk mewadahi para ahli teknologi pangan dalam mengkomunikasikan serta memasyarakatkan PATPI kepada khalayak luas, sekaligus dalam rangka meningkatkan interaksi diantara para peneliti dan juga PATPI dengan pemerintah dan dunia industri”.

Seminar Nasional pada tema “Peran Ahli Teknologi Pangan Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional” Dihadiri oleh:

1. Menteri Perindustrian RI, yang dalam hal ini diwakili oleh Ibu Enny Ratnaningtyas, selaku Direktur Industri Makanan Hasil Laut Gizi Perikanan.
2. Gubernur Lampung, yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Sutono M.M., selaku Sekretaris Daerah Provinsi Lampung.
3. Wali Kota Bandar Lampung, yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Ir. Pola Pardede, selaku Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan.
4. Ketua Umum PATPI, Prof. Dr. Ir. Rindit Pambayun, M.P., beserta pengurus PATPI cabang Lampung.
5. Rektor Universitas Lampung, yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Dr. Warsono, selaku Ketua LP2M Universitas Lampung.
6. Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Bapak Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si.
7. Direktur Politeknik, yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua LPPM Polinela
8. Peserta Seminar Nasional Ulang Tahun PATPI ke-50 Tahun. 

Dalam sambutan acara, Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si., bercerita,”ketua jurusan THP FP Unila menghadap Dekan FP Unila. Menyampaikan bahwa, FP Unila diamanahkan untuk perayaan PATPI yang ke-50 tahun, melaksanakan rapat tahunan dan seminar nasional. Kami “FP UNILA” langsung siap melaksanakan. Alhamdulillah dengan pertimbangan bahwa kami (FP Unila) tidak sendiri PATPI Lampung jurusan THP FP Unila, karena kami ada Gubernur Lampung, kami ada Walikota Bandar lampung, dan kami yakin kegiatan ini bisa berjalan dengan baik”.

Prof. Irwan pada harapanya mengatakan, “mudah-mudahan kegiatan seperti ini akan banyak terus kita laksanakan dalam rangka untuk membangun ilmu pengetahuan tentang teknologi pangan dan ilmu pertanian lainnya, dan tentunya untuk membangun provinsi lampung secara umum. Oleh karena itu, kami ucapkan tulus terima kasih kepada Gubernur Lampung, Walikota Bandar Lampung, serta para pihak yang telah mendukung kegiatan acara ini sehingga bisa berjalan dengan baik”. 

Selanjutnya, Prof. Irwan mengatakan,”kegiatan produksi pertanian itu dari hulu sampai ke hilir memang sangat diperlukan. Untuk meningkatkan nilai tambah tentu tidak cukup seperti kita berproduksi pada bahan baku atau hanya pada satu sektor hulu saja. Tetapi, dari sektor hilir pun juga akan meningkatkan nilai tambah yang kita miliki”. 

“Provinsi Lampung mungkin bisa kita sebutkan, nomor satu dalam produksi casava atau singkong secara nasional. Begitu juga nomor tiga pada jagung, udang nomor satu, nanas nomor satu, kemudian dan lain-lain. Oleh karena itu kalau kita hanya berproduksi pada sektor hulu saja, tidak diikuti dengan hilirisasi, maka nilai tambah itu tidak bisa kita ambil, sehingga hal-hal yang berkaitan dengan teknologi pangan, itu sangat penting”.

“Mudah-mudahan dengan adanya seminar ini, manfaat yang kita peroleh bukan hanya pada Provinsi Lampung saja, tetapi pada kawan-kawan yang hadir dari berbagai Provinsi di Indonesia. Sehingga bisa memetik manfaat yang sebesar-besarnya. Terimakasih atas kehadiran Bapak-bapak dan Ibu-ibu peserta seminar nasional”. Pungkas’ Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si.

Keynote speaker acara Seminar Nasional dengan tema Peran Ahli Teknologi Pangan Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional, ialah:

1. Ibu Enny Ratnaningtyas (Direktur Industri Makanan Hasil Laut Gizi Perikanan).
2. Prof. yaya Rukayadi (Universitas Malaysia).
3. Dr. Seiichi Kasaoka (Bunkyo University).
4. Ir. M. Nadjikh (Owner PT. Kelola Mina Laut).
5. Ibu Wanda Callista Sandra, B.Sc. M.M. (Sales Manager PT. TCI-BIO).
6. Prof. Rindit Pambayun (Ketua Umum PATPI).

Dihadiri sebanyak 255 orang peserta seminar, Seminar Nasional dan Rapat Tahunan memperingatai Hari Ulang Tahun PATPI berjalan dengan baik dan lancar.

Maju Cemerlang Faperta Kita.

 

 

 

 

 

 

 

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.